-->

Friday, January 20, 2017

Contoh Program Bilangan Ganjil Genap Dengan C++

Baca Juga

Program Bilangan  Ganjil Genap Dengan C++

Stormpeda.net||Membuat Program Bilangan Ganjil Genap Dengan C++||C++ adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sampai saat ini masih di pakai oleh para developer aplikasi Android dan Aplikasi Windows.Contoh game yg menggunakan bahasa pemrograman C++ adalah Crysis 2 dan Crayon Physic Deluxe.

Selain itu C++ merupakan salah satu bahasa yang berbasis OOP atau PBO yang berarti Object Oriented Programming atau Pemrograman Berorientasi Objek.C++ relatif mudah di pahami karena bahasa ini lah yang di rekomendasikan oleh para pemula dalam bidang pemrograman untuk belajar bahasa pemrograman lainnya.

Bagi anda yang baru belajar di sini saya akan memberikan contoh yaitu Program Bilangan Ganjil Genap dengan mengguakan bahasa pemrograman C++.

#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
       int angka;
       cout<<"==========================="<<endl;
       cout<<"**Program Bilangan Ganjil Genap**"<<endl;
       cout<<"==========================="<<endl;
       cout<<"Masukan Angka=";
       cin>>angka;
       if(angka%2==0){
             cout<<"Ini adalah angka genap";
       }
       else {
             cout<<"Ini adalah angka ganjil";
       }
return 0;
}

Output Keluaran Dari Program Di Atas





















Penjelasan Setiap Variabel,Fungsi,Dan lain lain.

Baris Pertama:Pada baris pertama kita pasti melihat tulisan "#include <iostream>".
#include=Adalah Pre-Processor dari program tersebut 
<iostream>=Merupakan salah satu Library yang menginclude atau mencakup beberapa fungsi seperti cout,cin,printf,string,dan lain lain yang dibutuhkan untuk membuat suatu program.

Baris Kedua:Di baris kedua kita melihat tulisan yang aneh mungkin bila anda sudah memahami bahasa C terlebih dahulu yaitu "using namespace std;".
Using Namespace Std;=Using yang berarti memakai dan Namespace Std; adalah suatu kalimat yang mencakup fungsi fungsi atau class yang akan di pakai pada suatu program.Jadi artinya adalah memakai suatu fungsi dan class yang ada di dalam namespace std;,sebenarnya bisa saja kita tidak memakai namespace std; pada baris kedua program di atas,tapi jika kita tidak memakai nya penulisannya pun akan menjadi semakin ribet.

Contoh Hello World dengan Using namespace std;.
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
      cout<<"Hello World"<<endl;
      return 0;
}
Contoh Hello World tidak Dengan Using namespace std;.
#include <iostream>
int main(){
      std::cout<<"Hello World"std::<<endl;
      return 0;
}
Silahkan anda bandingkan sendiri mana yang lebih ribet dan mana yang lebi praktis.

Baris Ketiga:Int main() merupakan salah satu fungsi yang harus di gunakan dalam suatu program,karena program akan berjalan jika ada fungsi main seperti hal nya dalam bahasa C yg meggunakan fungsi main().Lebih lengkap lagi artinya adalah int main merupakan salah satu program yang dimulai atau dijalankan dengan tipe data integer karena ada kata "int" sebelum kata main.

Int angka:Merupakan salah satu tipe data berjenis integer yag diberi nama sebagai angka untuk memasukan nilai ke dalam nilai integer tersebut.

Cout,Cin,Endl:Cout adalah singkatan dari "Character Output" artinya kelauran karakter yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan suatu character,

Cin adalah singkaran dari "Character In" yang berarti jika ada output masuk dari Cout akan langsung di arahkan ke tipe data yang berhubungan dengan Cin,biasanya perintah Cin di taru di bawah Cout.

Endl:merupakan suatu perintah yang di gunakan untuk membuat sebuah baris baru.

if(angka%2==0):Adalah suatu Statement yang digunakan untuk mendeteksi bilangan atau angka tersebut ganjil atau genap.maksud dari statemen tersebut adalah jika angka yang dimasukan habis di bagi nilai 2 atau 0 maka angka tersebut genap lalu jika angka tersebut genap ktia mengeluarkan tulisan yaitu "Ini adalah angka genap".

else { cout<<'"Ini adalah angka ganjil"; }:Statemen ini akan digunakan untuk mendeteksi angka ganjil atau angka yang selain genap jadi jika kita memasukan angka ganjil otomatis else akan langsung mendeteksi dan mengeluarkan output "Ini adalah angka ganjil".

return 0;:Merupakan salah satu perintah yang digunakan untuk mengakhiri sebuah program dengan nilai 0.

Sekian untuk penjelasannya semoga yang membaca mengerti dan memahami Wasalamualaikum.Wrb.Wb.


EmoticonEmoticon